Analisis Konseptual Faktor-Faktor Penggunaan Aplikasi WhatsApp pada Manajemen Pendidikan

  • Eka Giovana Asti Universitas Ipwija
  • Sumarsid Sumarsid Sekolah Tinggi Manajemen Labora

Abstract

WhatsApp adalah platform populer terutama untuk komunikasi dalam organisasi. Aplikasi ini memiliki 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Meskipun telah terjadi peningkatan jumlah penelitian yang melihat penggunaan aplikasi WhatsApp di berbagai setting formal, penggunaannya dalam penelitian manajemen pendidikan masih kurang dipelajari. Oleh karena itu, makalah konseptual ini kami usulkan untuk dipelajari. Tujuan penulisan konseptual ini adalah untuk meninjau faktor-faktor dan hubungannya dengan penggunaan aplikasi WhatsApp dalam manajemen pendidikan di perguruan tinggi negeri. Makalah konseptual ini mengeksplorasi pendahuluan, tinjauan literatur, dan metodologi penelitian. Selain itu, paper konseptual ini juga membahas hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan penerapan WhatsApp dalam manajemen pendidikan di perguruan tinggi negeri. Faktor-faktor yang menjadi fokus adalah ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan desain survei. Populasi penelitian terdiri dari staf administrasi universitas negeri dan dosen dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, makalah konseptual ini mengusulkan statistik deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data penelitian ini. Program Statistical Package for Social Science (SPSS) menyarankan untuk menganalisis data. Analisis deskriptif akan digunakan untuk mengukur tingkat penggunaan aplikasi WhatsApp dalam manajemen pendidikan di perguruan tinggi negeri dengan melibatkan rata-rata, persentase, dan standar deviasi. Sementara itu, statistik inferensi akan menggunakan Koefisien Korelasi Pearson untuk melihat hubungan antar faktor dan penggunaan aplikasi WhatsApp dalam manajemen pendidikan di perguruan tinggi negeri.

Published
2023-06-09